Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh penggunaan model active learning terhadap hasil belajar Biologi siswa, 2) Pengaruh penggunaan multimedia intraktif dalam model active learning terhadap hasil belajar Biologi siswa,3) Efektifitas penggunaan model active learning terhadap hasil belajar Biologi , 4) Efektifitas penggunaan multimedia interaktif dalam model active learning terhadap hasil belajar Biologi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experimental resech). Desain penelitian dengan randomized control group only desingn. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Sragen Tahun Ajaran 2006/2007, sejumlah delapan kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, sejumlah 3 kelas yaitu 2 kelas eksperimen, dan 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi untuk uji keseimbangan, metode tes untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif, metode angket untuk mengukur hasil belajar ranah afektif dan psikomotor serta observasi untuk mengukur hasil belajar ranah psikomotor. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan dan dilanjutkan dengan analisis komparasi ganda dengan metode Scheffe. Uji keseimbangan dengan uji F berpasangan, uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experimental resech). Desain penelitian dengan randomized control group only desingn. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Sragen Tahun Ajaran 2006/2007, sejumlah delapan kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, sejumlah 3 kelas yaitu 2 kelas eksperimen, dan 1 kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode dokumentasi untuk uji keseimbangan, metode tes untuk mengukur hasil belajar ranah kognitif, metode angket untuk mengukur hasil belajar ranah afektif dan psikomotor serta observasi untuk mengukur hasil belajar ranah psikomotor. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis variansi satu jalan dan dilanjutkan dengan analisis komparasi ganda dengan metode Scheffe. Uji keseimbangan dengan uji F berpasangan, uji prasyarat analisis menggunakan metode Lilliefors untuk uji normalitas dan uji Bartlett untuk uji homogenitas.