.

Oct 27, 2011

Pengembangan Media CD Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Arab untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah

Posted by asisseen
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran bahasa asing. Hal ini dikarenakan, belajar dengan menggunakan indera ganda (indera penglihatan dan indera pendengaran) dirasa akan menguntungkan bagi siswa, karena pemerolehan siswa terhadap pesan atau materi pelajaran akan lebih maksimal (Arsyad, 2002: 9). Salah satu contoh media audiovisual adalah media berbasis komputer. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaruan dan pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Oleh karena itu, penelitian ini akan menghasilkan media CD interaktif yang digunakan untuk pembelajaran membaca
teks bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah
pembuatan media, (2) mendeskripsikan tampilan media, (3) mendeskripsikan langkah-langkah penggunaan media, dan (4) mendeskripsikan prestasi siswa setelah menggunakan media.


Model pengembangan media diadopsi dari langkah-langkah yang diutarakan Sadiman (1986: 98) yaitu: (1) identifikasi kebutuhan, (2) analisis kebutuhan, (3) analisis tujuan pembelajaran, (4) penyusunan naskah, (5)
pengembangan media, (6) produksi prototype multimedia, (7) menyusun petunjuk pemanfaatan, (8) validasi oleh ahli media dan ahli materi serta kelompok uji coba, dan (9) revisi.


Download

Pengembangan Media CD Interaktif untuk Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Arab untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah
 

Copyright © 2011 Flashfisika | Design by Kenga http://flashfisika.blogspot.com, Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link