.

Jul 11, 2012

Thesis: Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan Pada SD Negeri 1 Gembongan Banjarnegara

Posted by asisseen
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SD NEGERI 1 GEMBONGAN BANJARNEGARA
Pada saat sekarang, perpustakaan SD Negeri 1 Banjarnegara masih Gembongan menggunakan sistem manual katalogisasi dalam bentuk buku dan kartu yang berisi data buku. Sistem ini telah dianggap tidak lagi efisien sebagai pengembangan lebih usia lanjut dan modern, dalam hal ini ditemukan beberapa permasalahan yang muncul meliputi:

adanya proses pencarian data buku, daftar anggota yang hadir dan besar cukup angka, Adanya penangkapan itu (pengulangan) dalam pencatatan data, dengan adanya pengolahan data buku, daftar peserta dan anggota sifat rutin dengan pengolahan frekuensi tinggi. Adanya keterlambatan dalam membuat laporan yaang sangat diperlukan.

Dari masalah di atas sehingga diperlukan adanya sebuah sistem komputerisasi . Jadi sistem informasi perpustakaan dianggap baik untuk penelitian, serta perpustakaan dapat mendukung kelancaran belajar mengajar mahasiswa dan guru. Sebuah sistem informasi perpustakaan terkomputerisasi memiliki kelebihan antara lain:

Sistem ini dapat melayani dengan cepat dengan bantuan komputer sebagai pengolah data, sistem ini dapat menghasilkan output yang benar sesuai data yang tersedia, Efisiensi waktu, tenaga dan biaya.

Dengan penelitian ini diharapkan dapat menciptakan suatu sistem di mana ada menu pinjaman transaksi, kembali transaksi dan menu pencarian yang memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan sistem perpustakaan, sehingga sistem dapat melayani pinjaman buku perpustakaan, kembali buku, pencarian buku dan menghasilkan output dalam bentuk buku laporan data, laporan data anggota, peminjaman buku laporan data, dan buku kembali data laporan yang berguna untuk perpustakaan.

Kata Kunci: Perpustakaan, Perpustakaan Sistem Informasi, Pengolahan Data, Laporan.

Download
 

Copyright © 2011 Flashfisika | Design by Kenga http://flashfisika.blogspot.com, Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link