.

Dec 18, 2012

AIV 2012 Mataram : Development of Educational Content for Simulation Based Learning

Posted by Speed SEO

AIV 2012 Mataram 

AIV 2012 Mataram Sedikitnya 44 orang guru terbaik yang diambil dari seluruh propinsi di Indonesia, mengikuti kegiatan workshop ALCoB Internet Volunteer (AIV) 2012, di Hotel Santika Mataram. Workshop yang berlangsung selama lima hari, Senin (10/12) hingga Jumat (14/12) itu, dibuka secara resmi Wakil Gubernur NTB, H Badrul Munir, tadi malam (10/12), mewakili Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi yang berhalangan hadir.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Propinsi NTB, HL Syafi’i mengatakan, peserta workhop AIV 2012 ini berasal dari guru bidang studi yang berbeda, yakni guru TIK, Bahasa Inggris, Fisika, Komputer dan Jaringan, guru kelas, Fisika dan Matematika, Agama, Akutansi, Administrasi, Perkantoran, Biologi, Komputer Dasar, Sinematografi, Bahasa Jerman, dan Multimedia.

‘’Mereka adalah guru-guru dari jenjang SD hingga SMA/SMK Negeri maupun Swasta, dengan berbagai latar belakang mata pelajaran yang ditangani, namun menguasai komputer dan mampu berbahasa Inggris. Bahkan tidak menutup kemungkinan keberadaan peserta dari madrasah swasta yang memenuhi persyaratan,’’ kata HL Syafii saat menyampaikan laporan pada acara pembukaan workshop AIV 2012 sembari menjelaskan terdapat peserta tiga orang yang terbaik dari beberapa daerah yang baru dikembangkan oleh ALCoB.

AIV 2012 Mataram : Development of Educational Content for Simulation Based Learning

Syafi’i menjelaskan, workshop ini dilaksanakan karena adanya kesenjangan digital (digital devide) di bidang pendidikan diantara Negara yang maju dan Negara sedang berkembang di wilayah Asia Pasifik, Korea Selatan, termasuk Indonesia. Karenanya, dengan kegiatan workshop AIV 2012 ini, Korea Selatan berinisiatif untuk mengatasi adanya kesenjangan tersebut melalui dunia maya (cyber media).

Pelaksanaan workshop AIV di Indonesia, jelas Syafi’i, dari tahun ke tahun diupayakan di tempat yang berbeda. Karena, selain untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru Indonesia yang telah bergabung ke ALCoB bisa mengenal daerah lain, juga untuk mempromosikan potensi wisata Indonesia di berbagai daerah. Dengan begitu, moto ALCoB ‘Share for Prosperity’ dapat diimplementasikan.

‘’Untuk workshop AIV 2012, tema yang diambil adalah ‘Development of Educational Content for Simulation Based Learning’. Dan peserta akan mendapatkan kesempatan belajar mengembangkan konten/materi pembelajaran berdasarkan pendekatan ‘problem based learning’ berdasarkan metodologi mengajar yang diintegrasikan pada berbagai mata pelajaran,’’ ungkapnya.

Syafi’i menambahkan, workshop AIV 2012 ini bertujuan untuk menjaga kelanjutan dan kesinambungan program AIV, membangun dan mengembangkan network ALCoB Indonesia dalam berbagi dan bertukar informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan melalui dunia maya yang berbasis internet (cyber media). Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan guru partisipan aktif ALCoB-T (teacher) Indonesia dalam mengembangkan konten pembelajaran berbasisi ICT untuk diterapkan dalam bidang pendidikan, khususnya memanfaatkannya untuk pembelajaran di kelas.

‘’Para peserta akan dipandu langsung oleh Program Director untuk AIV Indonesia, Pak Prof DR Ki-Sang Song dari Korea National University of Education (KNUE), dan didampingi oleh empat orang volunteer yang terdiri dari atas tiga program secialist dan satu orang guru. Satu staf dari Institute of APEC Colaborative Education (IACE) sebagai coordinator dan satu orang Assistant Director dari Ministry of Education, Science and Technology (MEST),’’ paparnya.

Video Kegiatan AIV 2012 Mataram
 

Buku Kenangan Dapat di Unduh di sini 

Beberapa foto hasil kreasi teman-teman AIV 2012 Mataram



SUKSES UNTUK ALCoB  dan Guru-guru Indonesia

Source : http://lomboktoday.co.id
AIV 2012 Mataram : Development of Educational Content for Simulation Based Learning
 

Copyright © 2011 Flashfisika | Design by Kenga http://flashfisika.blogspot.com, Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link