.

Mar 27, 2012

Free e-book: Mengenal Fisika Nuklir

Posted by asisseen
Free e-book: Mengenal Fisika Nuklir
Free e-book: Mengenal Fisika Nuklir
Isi Buku:

1. pendahuluan
2. sifat-sifat inti
3. ketidakstabilan inti
4. radioaktivitas
5. model inti
6. gaya nuklir / interaksi kuat
7. fisika partikel
8. astrofisika nuklir
9. akselerator dan detektor
10. reaktor nuklir

Free e-book: Mengenal Fisika Nuklir
Untuk mempelajari struktur atom, Rutherford membuat eksperimen menembakkan partikel alfa ke lembar tipis emas. Saat itu masih dipercaya model atom Thomson. Menurut model ini, diperkirakan partikel alfa akan dibelokkan hanya sedikit saja. Namun ternyata, ada juga partikel alfa yang dihamburkan balik ke belakang (sudut hambur besar). 

Eksperimen ini menunjukkan bahwa model atom Thomson salah dan membawa Rutherford pada model atom yang lebih baik yaitu, atom memiliki inti di pusat yang merupakan konsentrasi seluruh massa atom, sementara di sekeliling inti beredar elektron-elektron. Partikel alfa yang lewat dekat dari inti emas akan dibelokkan dengan kuat, sementara yang lewat jauh dari inti emas dibelokkan sedikit.

Perhitungan sederhana Rutherford (berbekal fisika ‘SMA’) berdasarkan model ini sesuai dengan hasil  eksperimen. Atom terdiri atas inti (nucleus, jamak: nuclei) dan elektron di sekitar inti.Sebutan nuklir (nuclear) menunjukkan sesuatu yang berhubungan dengan / melibatkan inti (inti atom). Sementara, sebutan inti bisa berarti inti atom itu sendiri atau sesuatu yang berhubungan dengan inti atom. Contoh:

Nuklida (nuclide) yaitu, sebutan untuk inti atom suatu unsur (element). Contoh: nuklida hidrogen, nuklida alumunium, nuklida emas, nuklida yodium, nuklida fosfor dll. reaksi nuklir atau reaksi inti: reaksi yang melibatkan inti atom, energi nuklir: energi yang dihasilkan pada reaksi nuklir bom nuklir: bom yang  memanfaatkan reaksi inti fisika nuklir atau fisika inti: fisika mengenai inti atom

Download
Free e-book: Mengenal Fisika Nuklir
 

Copyright © 2011 Flashfisika | Design by Kenga http://flashfisika.blogspot.com, Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link