Pengaruh pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar fisika telah dilakukan. Pembelajaran berbasis multimedia ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran berbasis multimedia dengan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan media OHP. Populasinya adalah siswa kelas 2 di salah satu SMK Negeri di Kota Bandung. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara diundi dengan melempar uang logam. Kelompok eksperimen diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis multimedia, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan dengan pembelajaran menggunakan media OHP.
Rancangan quasi eksperimen yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis terlihat adanya perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis multimedia dengan siwa yang belajar dengan media OHP. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata kenaikan gain skor kelompok eksperimen sebesar 4,73 yang lebih besar dari rata-rata kenaikan gain skor kelompok kontrol sebesar 3,12. Dari uji-t diperoleh perbedaan rata-rata gain yang signifikan pada taraf nyata 0,05 dengan probabilitas 0,00 dengan thitung sebesar 4,064 yang lebih besar dibandingkan ttabel sebesar 2,060. Sehingga secara umum terlihat bahwa: pembelajaran berbasis multimedia berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar fisika
Download