.

Jul 12, 2012

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika

Posted by asisseen
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika
Pengaruh  pembelajaran  berbasis  multimedia  terhadap  hasil  belajar  fisika  telah dilakukan. Pembelajaran berbasis multimedia ini dilakukan dengan cara membandingkan hasil  belajar  siswa  yang  diberi  pembelajaran  berbasis  multimedia  dengan  hasil  belajar siswa  yang  diberi  pembelajaran  menggunakan  media  OHP.  Populasinya  adalah  siswa kelas  2  di  salah  satu  SMK  Negeri  di  Kota  Bandung. Penentuan  kelompok  eksperimen dan kelompok kontrol dilakukan secara diundi dengan melempar uang logam. Kelompok eksperimen  diberi  perlakuan  dengan  pembelajaran  berbasis  multimedia,  sedangkan kelompok  kontrol  diberi  perlakuan  dengan  pembelajaran  menggunakan  media  OHP.

Rancangan  quasi  eksperimen  yang  digunakan  adalah  Nonequivalent  Control  Group Design.  Berdasarkan  hasil  analisis  dan  pengujian  hipotesis  terlihat  adanya  perbedaan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar dengan pembelajaran berbasis  multimedia dengan  siwa  yang  belajar  dengan  media  OHP.  Hal  ini  dibuktikan dengan  rata-rata  kenaikan  gain  skor  kelompok  eksperimen  sebesar  4,73  yang  lebih besar dari rata-rata kenaikan gain skor kelompok kontrol sebesar 3,12. Dari uji-t diperoleh perbedaan  rata-rata gain yang signifikan pada taraf nyata 0,05 dengan probabilitas 0,00 dengan thitung sebesar 4,064 yang lebih besar dibandingkan ttabel sebesar 2,060. Sehingga secara  umum  terlihat  bahwa:  pembelajaran  berbasis  multimedia  berpengaruh  terhadap peningkatan hasil belajar fisika

Download
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Fisika
 

Copyright © 2011 Flashfisika | Design by Kenga http://flashfisika.blogspot.com, Unit Link Terbaik Di Indonesia Commonwealth Life Investra Link